-->

Cara membuka Bisnis Online

Semakin tingginya biaya hidup, pendapatan utama dirasa kurang mencukupi. Dengan tuntutan hidup yang semakin meningkat, otak seakan dipaksa untuk berfikir untuk mencari alternatif pendapatan sampingan.
Untuk saat ini bisnis online cukup menjanjikan, dengan tawaran pendapatan yang cukup lumayan serta jadwal kerja yang mudah kita atur sendiri, dan tentunya resiko yang dihadapi terbilang cukup rendah. Tetapi anda harus cerdas dalam mengelola bisnis sampingan ini, jika anda tidak  ingin mengalami kerugian.

Sebelum anda memulai bisnis online, maka di otak akan timbul beberapa pertanyaan.

Bisa tidak saya memulai bisnis online?
Bagaimana cara memulainya?
Apakah saya akan sukses?
Berapa modal yang akan saya siapkan?
Saya akan berbisnis apa?
Dan masih banyak lagi pertanyaan yang akan muncul dibenak anda tentunya. Pertanyaan-pertanyaan itu tidak akan bisa terjawab apabila anda tidak memulainya.

Nah, dalam blog ini saya akan membahas cara membuka bisnis online.


Cara membuka Bisnis Online

Bisnis online yang menjanjikan ditahun ini sudah pernah saya bahas di blog sebelumnya.

Dalam memulai bisnis online sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu memperhatikan 5 cara yang sangat penting dalam memulai bisnis online.

1. Lakukan riset pasar dan produk yang tepat

Tentukan produk atau jasa yang akan dijual. Berfikirlah dengan matang apa yang menjadi passion anda, dan apakah memungkinkan untuk dijual belikan.
Jika masih bingung, ikuti langkah berikut:

  • Cari produk atau jasa yang diminati dan dibutuhkan masyarakat lingkungan sekitar anda.
  • Menjadi seorang problem solver  ketika anda menemukan masalah disekitar anda. Apakah produk atau jasa yang akan anda jual akan memberikan solusinya.
  • Gali kemampuan dan pengetahuan serta passion anda agar bisa memberikan keunggulan atau lebih baik dari produk dan jasa orang lain.
  • Berfikir bagaimana cara agar produk atau jasa yang akan anda tawarkan bernilai tinggi.

Intinya jangan terburu-buru menentukan produk atau jasa terlebih dahulu sebelum mengetahui minat dan kebutuhan masyarakat. Agar bisnis anda mendapatkan keuntungan dan kesuksesan.

2. Memiliki toko online

Toko online tidak harus memiliki sebuah gerai, namun hanya cukup membangun toko virtual dengan membangun brand toko melalui:
  • Website
  • Market place: Lazada, Shopee, Buka Lapak, Tokopedia, OLX, eBay dll.
  • Media sosial: Facebook, Instagram,  twitter, Whatsapp, Line dll.
Ketiga plafon diatas, memiliki target pasar yang berbeda-beda dengan jumlah pengunjung tak terbatas, sehingga ketiganya bisa dijadikan alternatif bagi para pengusaha untuk memasarkan produk serta memperbesar usaha mereka melalui fasilitas yang disediakan oleh pendiri plafon tersebut.
Salah satu keuntungan bagi para pengusaha online menggunakan fasilitas ini adalah pengusaha online tidak perlu menyediakan biaya sewa toko, karyawan dan lain sebagainya. Anda hanya memerlukan koneksi internet, handphone atau laptop maka anda bisa membuka toko online dimanapun atau kapanpun anda bebas menentukan jam kerja toko.

3. Pelajari pasar digital

Jika sudah memutuskan untuk terjun ke bisnis online, maka anda harus mempelajari ilmu digital marketing dari berbagai sumber agar jualan online anda bekerja secara maksimal dan semakin dikenal banyak orang.
Pahami keunggulan dari produk agar anda mudah menawarkan produk atau jasa yang anda miliki. Jika demikian, maka dengan mudah menyusun kalimat promo yang mampu mengikat para pengunjung. Sertakan juga gambar dengan sudut yang paling menarik dari produk anda untuk diposting melalui media sosial seperti facebook, whatsapp, Instagram, youtobe dan lain sebagainya.
Dengan promosi melalui media sosial, anda juga bisa mengarahkan ke toko online yang sudah tergabung di marketplace yang anda miliki
Saat ini marketpalce merupakan tempat bisnis yang paling sering dikunjungi oleh penjual dan pembeli diseluruh negeri maupun beberapa negara, karena pihak plafon sendiri memberikan fasilitas bertransaksi yang cukup efektif, nyaman dan aman dalam bertransaksi.
Jika ingin lebih sukses dalam berbisnis online, pelajari berbagai ilmu marketing digital melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, internet maupun kursus online.

4. Manajemen keuangan yang tepat

Penyebab kegagalan dalam bisnis online adalah tidak me-manage keuangan dengan baik. Mulai sekarang bersikap profesional dalam menjalankan bisnis. Dengan cara belajar memisahkan antara uang pribadi dengan uang bisnis.
Agar keuangan bisnis anda makin tertib:
  • Siapkan biaya khusus modal, operasional dan lainnya.
  • Buatlah pembukuan keuangan.
  • Catat setiap transaksi dalam pembukuan
  • Hasil keuntungan bisa diputar kembali sebagai modal bisnis.
  • Analisa hasil dari penjualan setiap bulannya agar bisa dievaluasi.

5. Mengembangkan produk lain

Jika anda sudah berhasil memasarkan satu produk. Anda bisa menambahkan 1-3 produk lainnya untuk menambah refrensi produk penjualan anda.
Semakin bertambahnya variasi produk, maka bisa memperkecil resiko pelanggan jenuh, Karena pelanggan diberikan tawaran pilihan produk yang berbeda dalam satu toko, tanpa perlu mencari ke toko lain sehingga bisa menghemat ongkos pengiriman, yang tentunya memberikan keuntungan bagi pelanggan.

Mulailah berbisnis Online!

Dalam pikiran ada tentunya sudah terbayangkan bukan langkah yang akan kalian ambil dalam membuka usaha online.
Anda tidak perlu ragu untuk membangun bisnis online anda dari sekarang, karena kesuksesan tidak akan terbukti jika tidak mencoba.
Hasil usaha dan kerja keras anda akan menjadi milik anda sendiri. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan silahkan berkomentar untuk berbagi pengalaman.

0 Response to "Cara membuka Bisnis Online"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel