-->

PENGERTIAN BLOG: Beserta Manfaat dan Jenis-Jenis Blog

       Istilah Blog pada umumnya dikenal sebagai penulisan pribadi berupa artikel, video, foto yang dimuat secara online.

        Pertama kali Blogger.com diluncurkan oleh perusahaan Pyra Labs tepat pada tanggal 23 Agustus 1999. Tidak berselang lama, sekitar 4 tahun atau tepatnya pada bulan Februari 2003, Blogger.com resmi diakuisi oleh Google dan membuat layanan (fitur-fitur) premium yang dikomersilkan oleh Pyra Labs menjadi 100% gratis seperti yang kita ketahui bersama hingga saat ini. (Sumber www.mas-tono.com)



Pengertian Blog
Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat sebagai postingan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini dimuat dalam urutan terbalik berdasarkan kronologis (dari konten terbaru ke terlama). Situs web ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Istilah-istilah dalam Blog

  • Blogger: Pemakai platform atau pemilik blog dan mengelola blog
  • Blogging: Aktivitas membuat dan mengisi blog dengan konten tulisan, gambar, video, musik dan lain-lain.
  • Blogspot: Subdomain alamat blog di platform blogger. Jika di Indonesia maka alamat menjadi blogspot.co.id, di Jepang menjadi blogspot.jp, di Hongkong menjadi blogspot.hk, di India menjadi blogspot.in dan lain sebagainya.

Manfaat Blog
         Blog merupakan salah satu media yang memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk melakukan aktivitas tulis menulis dan berinteraksi dengan para pengunjung, seperti menggunakan buku tamu atau membuka kolom komentar untuk memberikan tanggapan terhadap tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan. Namun ada pula yang bersifat terbalik (non-iteraktif) bagi kalangan tertentu atau terbatas. Contoh web yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguan tinggi.
        Adapun manfaat yang diperoleh blog, antara lain:

  1. Knowledge Sharing. Blog menjadi sangat bermanfaat jika diisi dengan pengetahuan yang bermanfaat buat orang banyak. 
  2. Bridge Blogging. Blog bisa mengkomunikasikan sesuatu dengan bahasa santai namun tetap terarah, misalnya menceritakan daerah tertentu untuk memberikan daya tarik para turis.
  3. Ground Voice (Suara Akar Rumput). Melalui blog, orang dapat leluasa menuliskan pendapatnya tentang suatu hal, dengan memberikan opini yang kuat yang mampu menunjukkan bagaimana sebenarnya pendapat masyarakat pada suatu hal.
  4. Idea Incubation. Blog dapat berperan sebagai tempat untuk meng-inkubasikan ide (menyimpan ide dan bertukar fikiran terlebih dahulu dengan seseorang sebelum ide di share untuk tambahan ide dan dukungan untuk merealisasikan ide) 




Jenis-jenis Blog 
       Blog memuat berbagai informasi sehingga dapat dibedakan menjadi berbagai jenis. Berikut jenis-jenis blog.

  1. Blog Politik, merupakan blog yang memuat isi berita, politik, aktivis dan semua persoalan berbasis blog. Seperti kampanye
  2. Blog Pribadi, disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik, merupakan blog membahas tentang sesuatu dan fokus pada bahasan tertentu.
  4. Blog Kesehatan, memuat seluruh informasi tentang kesehatan. Blog ini kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan dan lain-lain.
  5. Blog Sastra, dikenal sebagai litblog (Literary blog)
  6. Blog Perjalanan, merupakan blog yang fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/ treveling.
  7. Blog Mode. lebih dikenal dengan 'fashion blog" yang berisikan seputar gaya, perkembangan mode, selera fashion, liputan pameran mode dan lain-lain.
  8. Blog Riset. merupakan blog yang memuat persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  9. Blog Hukum, merupakan blog yang memuat tentang hukum dan urusan hukum. Blog jenis ini disebut dengan blawgs (blog laws)
  10. Blog Media Blog yang fokus pada bahasan berbagai macam informasi.
  11. Blog Agama, merupakan blog yang memuat atau banyak membahas tentang agama.
  12. Blog Pendidikan. Blog pendidikan biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. Blog pendidikan memuat tentang aktivitas pembelajaran dan materi-materi pembelajaran.
  13. Blog Kebersamaan. merupakan blog yang ditulis oleh suatu kelompok tertentu. Topik juga lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  14. Blog Pertunjukan (Directory), Blog petunjuk berisi ratusan link  halaman website.
  15. Blog Bisnis. Merupakan blog yang digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis.
  16. Blog Pengejawantahan. merupakan blog yang fokus tentang objek diluar manusia seperti hewan peliharaan dan tanaman hias.
  17. Blog Penggangu (Spam). merupakan blog yang digunakan untuk promosi bisnis affilite. Blog jenis ini juga dikenal sebagai splogs (spam blog).
  18. Blog Virus (Virus). merupakan blog yang digunakan untuk merusak.
        Demikian penjelasan tentang pengertian Blog, manfaat dan jenis-jenis Blog secara lengkap. Sangat mudah dimengerti bukan? 

        Blog merupakan platform yang dapat digunakan oleh semua orang dengan mudah untuk  membuat dan menyampaikan sebuah informasi, serta dapat diakses oleh semua orang dengan berbagai kalangan. Sudah terfikir blog seperti apa yang akan anda buat? Jika anda sudah memiliki konsep maka anda bisa memulainya dengan menggunakan platform gratis seperti blogger.com. Adapun cara membuat blog kami sudah memberikan tutorial mudah cara membuat blog gratis (blogger).
        Ketika blog sudah terbentuk, anda juga bisa menambahkan atau mengundang teman untuk menjadi penulis di blog anda, secara lengkap ikuti cara menambahkan Admin/ Penulis.

1 Response to "PENGERTIAN BLOG: Beserta Manfaat dan Jenis-Jenis Blog"

  1. Nama:Dwi Ayu Setyaningrum(12)

    Pengertian blog
    Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat sebagai postingan pada sebuah halaman web.

    Blog merupakan platform yang dapat digunakan oleh semua orang dengan mudah untuk membuat dan menyampaikan sebuah informasi, serta dapat diakses oleh semua orang dengan berbagai kalangan.
    Manfaat blog:Knowledge Sharing,Bridge Blogging,Ground Voice (Suara Akar Rumput),Idea Incubation.

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel