-->

Cara Cepat Memasukkan Data di Microsoft Excel


         Microsoft Excel merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan perkantoran. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap baik untuk mengolah data maupun mengolah angka, penggunaan rumus yang tepat serta trik dan tips yang cukup simpel mampu mempercepat hasil pekerjaan. Adapun beberapa cara memasukkan data dengan cepat di Microsoft Excel diantaranya:

A. Cara membuat Nomor urut
Membuat angka secara berurutan mulai nomor 1 hingga ribuan bisa dilakukan secara cepat menggunakan Microsoft Excel, ada beberapa cara yang mudah diantaranya:
1. Menggunakan Keyboard (Manual)
Ketik Angka 1 pada sel awal --> Ketik angka 2 pada sel bawah --> Blok angka 1 dan 2 --> Posisikan kursor pada pojok kanan bawah hingga muncul tanda plus berwarna hitam --> Tekan, tahan dan tarik ke bawah, Seperti pada gambar berikut.
Cara membuat nomor urut dengan menggunakan keyboard (Manual)

2. Menggunakan fungsi toolbar (Otomatis)
Ketik Angka 1 pada sel awal --> Posisikan kursor pada Sel Angka 1 --> Klik Fiil --> Pilih Series --> Pilih Columns --> Pilih Linear --> Step value diisi angka Awal --> Stop value diisi angka terakhir --> Klik tombol OK, Lakukan seperti pada gambar berikut. 
Cara membuat nomor urut dengan menggunakan fungsi toolbar secara otomatis

3. Bentuk Zigzag
Ketik Angka 1 pada sel awal --> Ketik angka 2 pada sel bawah --> Atur angka 1 pada rata kiri dan atur angka 2 pada sisi tengah --> Blok angka 1 dan 2 --> Posisikan kursor pada pojok kanan bawah hingga muncul tanda plus berwarna hitam --> Tekan, tahan dan tarik ke bawah, Seperti cara membuat nomor urut secara manual seperti pada gambar berikut.
Cara membuat nomor urut secara zig zag

4. Ganjil Semua atau Genap Semua
Untuk Angka Ganjil = Ketik Angka 1 pada awal sel --> Ketik angka 3 pada sel bawah --> Blok angka 1 dan 3 --> Posisikan kursor pada pojok kanan bawah hingga muncul tanda plus berwarna hitam --> Tekan, tahan dan tarik ke bawah.

Seperti halnya angka ganjil, Untuk Angka Genap Ketik angka genap untuk memulai. Pada awal sel Ketik Angka 2 --> Ketik angka 4 pada sel bawah --> Blok angka 2 dan 4 --> Posisikan kursor pada pojok kanan bawah hingga muncul tanda plus berwarna hitam --> Tekan, tahan dan tarik ke bawah, Seperti pada gambar berikut.
Cara membuat nomor urut Ganjil dan Genap

B. Cara Cepat Menyelesaikan Rumus
Ada beberapa data yang butuh penyelesaian menggunakan rumus, namun terkadang daftar atau deretan data yang harus di selesaikan pengerjaan menggunakan rumus bisa lebih dari dua atau tiga. Jika demikian anda tidak perlu menulis ulang rumus, namun anda bisa menyelesaikan secara instan dengan cara mencopy hasil rumus atau hasil pekerjaan pertama. Contoh dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Cara cepat menyelesaikan rumus

C. Cara memasukkan Data
1. Teks beberapa baris dalam satu Sel
Ada beberapa kebutuhan data yang mengharuskan memasukkan data atau teks dalam satu sel, namun jika diterapkan di Excel tanpa tahu triknya akan sedikit mengalami kesulitan. Berikut trik yang harus dilakukan.

Ketik Nama Provinsi pada Sel Awal  --> Ketik Nama Kota pada Sel berikutnya --> Pada Sel bawah Nama Provinsi Ketik Jawa Timur --> di sebelah sel berikutnya atau dibawah Nama kota ketik Surabaya (Alt+Enter) Sidoarjo (Alt+Enter) Pasuruan (Alt+Enter)  Malang (Enter). Atau ikuti langkah 1 sampai langkah 3 seperti pada gambar berikut.
Cara membuat hari dan bulan berurutan secara otomatis

2. Hari dan Bulan secara berurutan
Untuk membuat urutan hari dan bulan, hampir sama dengan memasukkan urutan nomor, dengan cara:
a) Hari = Ketik Senin pada sel awal --> Ketik Selasa pada sel bawah --> Blok Sel yang berisi Senin dan Selasa --> Posisikan kursor pada pojok kanan bawah hingga muncul tanda plus berwarna hitam --> Tekan, tahan dan tarik ke bawah.
b) Bulan = Ketik Januari pada sel awal --> Ketik Februari pada sel bawah --> Blok yang berisi Januari dan Februari --> Posisikan kursor pada pojok kanan bawah hingga muncul tanda plus berwarna hitam --> Tekan, tahan dan tarik ke bawah.
Perhatikan gambar berikut ini, dan ikuti langkah-langkahnya.

Memasukkan teks berurutan dalam satu Sel


3. Tanggal berurutan
Membuat tanggal secara interval juga dapat dilakukan seperti halnya membuat angka, langkahnya adalah sebagai berikut.
Ketik tanggal awal dengan format 1/1/2020 pada sel awal --> Atur format tanggal (misalkan: 1 Januari 2020) --> Blok angka Sel awal --> Posisikan kursor pada pojok kanan bawah hingga muncul tanda plus berwarna hitam --> Tekan, tahan dan tarik ke bawah, Seperti pada gambar berikut.

Cara membuat tanggal secara berurutan

         Penerapan Excel sebenarnya sangatlah mudah dan simpel, karena semua program dibantu menggunakan rumus atau fungsi. Terkadang sebagian besar orang  beranggapan Excel cukup rumit dan ribet, namun semua kembali pada anda, apakah anda mau berlatih dan belajar agar terbiasa dalam menyelesaikan pekerjaan kantor yang awalnya dianggap rumit menjadi cukup mudah dan efisien.

0 Response to "Cara Cepat Memasukkan Data di Microsoft Excel"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel